Breaking News

Seo

Cara Kerja Search Engine Google 2015

Sebelum anda mempelajari bagaimana cara melakukan SEO atau Search Engine Optimization, maka terlebih dahulu anda harus memahami bagaimana cara kerja search engine. Di sini saya akan memakai Google sebagai contoh karena Google adalah mesin pencari yang paling terkenal saat ini.

cara kerja mesin pencari google terbaru 2015

Tentunya anda perlu mengetahui cara kerja search engine Google; karena ini adalah mesin pencari yang paling umum menjadi target optimasi dari para webmaster. Saya mencoba membuat ini menjadi sesederhana mungkin karena artikel ini dibuat khusus bagi anda yang benar-benar masih baru di dunia optimasi website.

Pertama-tama anda wajib mengetahui bahwa Google nir sesederhana pemakaiannya. Apabila anda memakai Google anda cukup memasukkan istilah kunci pencarian dan selesainya itu anda menerima hasil pencarian yg anda inginkan; sangat sederhana. Hanya saja buat menghasilkan sesuatu yg simple itu terdapat proses rumit yang sangat panjang.

Proses panjang dalam mesin pencari itu dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

•    Perayapan  (Crawling)

•    Pengindeksan  (Indexing)

•    Penyajian Hasil Pencarian

Sekarang anda bisa mencoba buat memahami satu per satu berdasarkan 3 proses rumit di atas menggunakan membaca penjelasan di bawah ini.

PERAYAPAN INTERNET OLEH MESIN PENCARI

Di pada internet ini terdapat puluhan triliun halaman & semuanya memuat pembahasan yang tidak sinkron. Tujuan berdasarkan search engine seperti Google merupakan merayapi sebesar mungkin laman-page ini & mengumpulkan data menurut setiap laman buat dihidangkan kepada pengguna berdasarkan apa yg diinginkan pengguna.

Untuk merayapi page-halaman ini mesin pencari membutuhkan satu hal yg disebut robot. Robot ini yang akan menjelajahi internet dan mencari laman-page yg bisa dirayapinya. Jika anda ingin memahami bagaimana cara robot mesin pencari ini menjelajahi mesin internet, maka jawabannya sederhana yaitu menggunakan membuka link-link yang terdapat di laman yang sudah pernah dikunjunginya.

Jadi sekarang bayangkan misalnya ini. Anda membuka sebuah halaman website; & sehabis laman web tersebut terbuka, anda mencoba membuka seluruh halaman web yg terdapat pada halaman tersebut; dan anda terus mengulangi proses yg sama sembari menyimpan data berdasarkan setiap halaman web.

Kurang lebih misalnya itulah cara kerja menurut mesin pencari; hanya saja mereka melakukannya dengan otomatis memakai beribu-ribu komputer dalam kecepatan yg tentu saja nir mampu dibandingkan dengan kecepatan anda yang melakukannya secara manual.

Hanya saja tidak seluruh page mampu dirayapi sang Google. Halaman-halaman yang yatim piatu atau tidak mendapatkan satupun link berdasarkan laman-halaman yang sudah dirayapi sebelumnya tidak akan bisa dikunjungi oleh googlebot. Demikian juga laman-page yang dengan sengaja dihentikan oleh pemiliknya buat dirayapi sang mesin pencari.

Mengatur agar suatu halaman tidak dirayapi oleh mesin pencari mampu dilakukan dengan robots.Txt atau menggunakan meta robots yg dilengkapi menggunakan fungsi kondisional. Pengaturan laman yang tidak boleh dirayapi ini acapkali dilakukan untuk alasan SEO tidaknya sebuah website.

Ada 2 jenis robot yg dipergunakan pada perayapan ini. Robot pertama adalah Deepbot sedangkan yg lainnya merupakan Freshbot. Jika anda ingin lebih jauh lagi tahu bagaimana cara kerja googlebot ini merayapi page-laman website yang tersedia pada internet, anda mampu membaca artikel yang membahasnya dengan lebih mendetil. Silahkan baca artikel di bawah ini.

Perbedaan Freshbot & Deepbot Google.

Pengindeksan (Indexing) Oleh Search Engine

Seringkali aku melihat pemula mengungkapkan bahwa dirinya hebat lantaran baru tiga hari websitenya sudah terindex. Tanpa bermaksud menghambat kesenangan siapapun; aku harus berkata bahwa itu biasa saja; & terindeks sama sekali nir berarti halaman web anda mendapatkan ranking. Untuk menjadi ranking 5 besar di hasil pencarian Google sanggup sebagai sebuah proses yang sangat panjang; & itu sepenuhnya bergantung dalam taraf persaingan menurut istilah kunci yang anda incar.

Yang dimaksud dengan pengindeksan adalah Google memberikan laman web yg dirayapinya ke pada database mereka. Ini adalah data yg akan disusun menurut relevansi ketika ada yang memasukkan kata kunci ke pada Google.

Google menyusun data dari tiap-tiap page web dengan sangat mendetil. Setiap data dicatat jumlah & posisinya. Semuanya itu diharapkan dalam perhitungan pada menentukan peringkat. Ini benar-sahih proses yg kompleks; tapi untungnya sekarang ini sudah zaman super personal komputer .

Anda bisa membuat Google merayapi suatu halaman tapi tidak menyimpannya dalam index mereka dengan memakai meta robots noindex; Untuk lebih jelasnya silahkan membaca artikel Cara Mengatasi Duplikat Konten Di Dalam Website Anda.

Penyajian Hasil Pencarian

Sekarang anda telah mengetahui bahwa Google menyimpan begitu banyak database page website. Sekarang anda ingin mengetahui bagaimana cara Google menghidangkan database ini dalam output pencarian.

Semua database ini akan dinilai oleh yang namanya Algoritma Google. Ada ratusan Algoritma di dalam sistem Google; namun yang paling terkenal ada 3; yaitu Algoritma utama bernama Hummingbird dan Algoritma Spam yang yang diberi nama Panda dan Penguin.

Secara garis besar , algoritma Panda & Penguin akan menilai setiap halaman. Panda akan menilai seberapa alami isi konten suatu halaman; & seberapa segar isi konten tersebut. Sedangkan Penguin yg akan menilai apakah backlink berdasarkan laman tadi relatif alami. Apabila halaman web anda gagal pada evaluasi algoritma spam ini, maka laman web anda akan menerima penalty yg akan menjadi nilai minus dalam penentuan peringkat.

Setelah semua halaman web melalui penentuan faktor spam, maka selanjutnya merupakan halaman-laman web tersebut anda akan melalui prosedur pemecahan hummingbird buat menentukan relevansi terhadap istilah kunci yang digunakan. Apabila anda ingin mengetahui bagaimana proses peringkat ini bekerja; anda sanggup membaca artikel-artikel pada bawah ini.

Jika anda telah membaca artikel di atas & pula link-link artikel pendukungnya; maka aku yakin anda cukup paham dengan cara kerja search engine seperti Google. Pengetahuan ini akan sangat membantu anda dalam tahapan meningkatkan secara optimal selanjutnya. Jadi bila anda sahih-sahih pemula; sangat direkomendasikan buat tidak melangkahi artikel ini.

Cara Kerja Search Engine Google 2015 Reviewed by Andi Leangle on June 06, 2020 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Info Ngeblog © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.