Breaking News

Seo

9 Sumber Backlink Berkualitas Yang Bagus Untuk SEO

Sumber Backlink Berkualitas
Urusan SEO memang terus berkembang. Salah satunya soal sumber backlink berkualitas yang bagus untuk SEO. Melakukan perburuan backlink merupakan bagian dari langkah SEO offpage alias di luar website. Kali ini saya rangkumkan 9 sumber yang bisa Anda manfaatkan untuk menanamkan backlink. 

Manfaat Backlink Berkualitas Untuk Blog Anda

Sayangnya, Google belum merilis secara spesifik tentang bagaimana hal untuk mengukur kredibilitas, atau bagaimana reputasi situs Anda. Tetapi ada banyak alat yang dapat memberi Anda gambaran tentang seberapa tepercaya situs Anda muncul.

Banyak dari alat ini berpusat pada Domain Authority. Metrik ini didasarkan pada data tautan situs, usia, popularitas, ukuran, indikator terkait kepercayaan dan diberi skor pada skala dari satu hingga 100. Pada dasarnya, semakin tinggi Domain Authority Anda, semakin mudah bagi situs Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Manfaat Backlink berkualitas untuk blog Anda : 

  • Meningkatkan dan mempercepat perayapan serta pengindeksan mesin pencari.
  • Mengarahkan lalu lintas rujukan ke situs Anda.
  • Branding
  • Directory dan sumber daya link jangka panjang
  • Membangun otoritas situs Anda
Mungkin seiring waktu sumber-sumber ini akan berubah sehingga tidak layak lagi untuk mencari backlink. Namun pada dasarnya, backlink yang bagus adalah yang memenuhi kriteria berkualitas. Antara lain yaitu relevan, tautan yang kontekstual, berasal dari domain tua (aged domain) dan page rank tinggi, pengunjung yang banyak, unik (berbeda-beda IP), dan menggunakan atribut dofollow.


Daftar Sumber Backlink Berkualitas

Berikut ini rincian 9 sumber backlink berkualitas yang bagus untuk SEO. Silakan cek dan terapkan satu persatu.

1. Menjadi Penulis Tamu Dengan Artikel Relevan

Trik ini selain bagus untuk meningkatkan SEO blog juga baik untuk branding Anda. Carilah blog dan website yang memberikan ruang untuk penulis tamu dan mengizinkan link dofollow. Di sana Anda buat artikel yang relevan dengan blog Anda lalu sisipkan link dofollow ke blog Anda.

2. Situs Referensi

Situs seperti Wikipedia dan Wikihow merupakan situs rujukan yang banyak dipercaya orang. Dengan bergabung ke situs referensi Anda bisa membuat konten yang menyisipkan backlink ke blog Anda. Tapi kabarnya Wikipedia lumayan ketat untuk urusan ini.

3. Situs Resmi Pemerintah Berdomain Gov Dan Edu

Domain untuk situs resmi biasanya mahal. Misalnya .gov, .edu. .ac.id dan .mil. Karena dari domain-domain termahal, maka backlink dari situs tersebut sangat bagus.

4. Sites Authority

Jenis keempat ini adalah situs otoritas yang memiliki banyak bahasan dan memberikan ruang pada membernya untuk berbagi konten. Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membuat konten yang relevan lalu menyisipkan backlink ke blog Anda. Contoh sites authority misalnya Viva, Merdeka, Detik, Kompas, Plimpi, Hipwee dan lainnya.

5. Situs Sosial Bookmarking

Dulunya situs social bookmarking berfungsi untuk menyimpan, mengelola, dan mengorganisir halaman web dan blog tertentu untuk nantinya dibaca. Namun saat ini situs jenis ini dijadikan ladang backlink.

Daftar situs social bookmarking setiap waktu berubah. Karena sebagian terus bertahan, sebagian lainnya tumbang. Untuk saat ini sumber backlink berkualitas dari social bookmarking dapat diperoleh dari beberapa situs seperti instapaper.com, socialbookmarkingeasy.com, Bookmark4you.com, stumblepon.com, url.org, plurk.com, diigo.com.

6. Platform Berbagi Konten

Beda dari social bookmark yang sering jadi sasaran spam, platform ini lebih bersih dan berkualitas serta memiliki visitor tetap yang banyak. Anda bisa membuat dokumen dalam bentuk PDF, video ataupun presentasi lalu disebar ke platform ini. Contoh situs berbagai konten misalnya Scribd (dokumen), Youtube dan Vimeo (video), Medium (artikel), Kompasiana (artikel), Slideshare (presentasi) dan Academia dan Scribd (dokumen PDF).

7. Media Sosial

Media sosial menjadi sumber backlink paling mudah ditemukan. Selain jumlah pemakai yang membeludak, kita bebas berbagai apapun dengan menyisipkan link ke website atau blog. Hingga saat ini, media sosial sumber backlink berkualitas tak jauh dari Facebook, Twiteer, Google Plus, dam Pinterest, serta Linkedin.

8. Komentar di Blog Yang Relevan (Blog Walking)

Sumber backlink berkualitas selanjutnya adalah blog walking alias jalan-jalan di blog dan meninggalkan komentar disertai sisipan link ke blog kita. Namun cara ini juga harus pilih-pilih tempat. Soalnya, karena maraknya spam akhirnya banyak blogger kini mengaktifkan moderasi komentar ataupun memasang script untuk menghilangkan komentar berupa link.

9. Web Dummy

Web dummy ini istilah untuk blog-blog yang dibuat memang hanya untuk tujuan menciptakan backlink ke wesbite utama. Bisanya memanfaatkan layanan gratisan dari berbagai platform. Nah, tempat membuat blog atau web dummy antara lain: wordpress.com, blogspot.com, weebly.com, webnode.com, blogdetik, dan lainnya.

Dengan memanfaatkan 9 sumber backlink berkualitas tersebut maka optimasi SEO blog Anda pastinya akan semakin bagus. Nah, selamat mencoba.

9 Sumber Backlink Berkualitas Yang Bagus Untuk SEO Reviewed by Andi Leangle on May 28, 2020 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Info Ngeblog © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.