Breaking News

Seo

6 Bahaya Artikel Copy Paste Bagi Blog

Bahaya Artikel Copy Paste Bagi Blog
Membuat artikel memang tidak setiap orang bisa. Karena itulah ada sebagian blogger yang memilih cara singkat dengan jurus copy paste. Padahal ada banyak bahaya artikel copy paste bagi blog. Mulai dari soal persaingan di halaman pertama hingga saat pendaftaran Adsense.

Setidaknya ada dua jurus copy paste yang beredar di dunia blogging. Pertama jenis copas dari blog lain. Selain dengan cara manual, saat ini sudah beredar alat untuk meng-copas artikel-artikel di suatu blog secara otomatis. Artikel hasil salinan hanya diubah sedikit di bagian awal dan akhirnya agar tampak beda.

Jenis copas kedua adalah dengan menyalin dari blog berbahasa Inggris atau lainnya, lalu diterjemahkan dengan Google Translate ataupun Bing, kamudian dijadikan artikel blog. Nah, apakah kedua jenis ini sama berbahayanya? Berikut ini kita ulas bahaya artikel copy paste bagi blog.

Bahaya Artikel Copy Paste Bagi Blog

1.   1. Sulit Bersaing di Halaman Pertama

Halaman pertama sebagai medan perebutan visitor memang menjadi incaran para pemilik blog dan website. Sementara mesin pencari punya sistem tersendiri untuk menentukan mana saja blog yang bisa tampil di hasil pencarian. Salah satunya adalah konten yang berkualitas dan bukan plagiat apalagi copasan. Jadi, bahaya artikel copy paste bagi blog, yang pertama adalah soal kesempatan tampil di halaman pertama. Blog hasil copas akan sulit bersaing di halaman ini.

2.   2. Dibenci Blogger Lain

Meskipun ada risiko seperti poin pertama, namun ada juga blog copasan yang bisa menempati halaman pertama mesin pencari. Hal itu membuat pemilik blog sumbernya penasaran, apalagi jika judul sama persis. Pemilik blog asal akan tambah jengkel jika ternyata artikel aslinya malah tidak tembus halaman pertama. Coba saja Anda bayangkan rasa jengkelnya blog Anda disalin tempel sama persis, ternyata blog copasan malah posisi di mesin pencari di atas Anda.

3.   3. Ancaman Google Sandbox

Google Sandbox adalah sebuah filter ciptaan tim Google yang berfungsi untuk memberantas spam. Website atau blog yang terkena GS ini akan hilang dari pencarian mesin pencari. Walaupun semula sudah memiliki index lumayan atau bahkan artikelnya sudah tembus page one. Begitu kena GS maka blog akan tenggelam.

Terkena GS adalah bencana terbesar bagi blog copasan. Karena tidak ada solusi lain kecuali membuat blog baru dan memulai trafik dari nol kembali. Melelahkan bukan?

4.    4. Ancaman Sangsi Google Adsense

Selain penyaring bernama Google Sandbox, layanan Google lainnya yang siap mengancam blog copasan adalah Google Adsense. Karena Google membenci artikel duplikat (duplicate content) maka selain “ditenggelamkan” layanan Google Adsense juga akan menarik iklannya dari blog, bahkan bisa saja akun pemilik blog terkena banned.

Bagi blogger yang belum diterima daftar GA, jangan sekali-kali menggunakan blog copasan untuk daftar Adsense. Umumnya akan langsung tertolak. Kalaupun ada yang diterima, tentunya itu tidak banyak dan hanya trik-trik yang akan selalu berubah seiring semakin galaknya Google.

 5. Membodohkan Diri Sendiri

Salah satu keahlian yang terasah dengan ngeblog adalah menulis. Ya, dengan rutin memperbarui konten blog, maka blogger akan terlatih untuk meningkatkan kualitas tulisannya. Entah itu kualitas dalam segi penulisan, gaya bahasa, hingga cara penyampaian. Kalau sudah keenakan menggunakan jurus copas, maka kreatifitas blogger akan mati dengan perlahan. Dan itu adalah sebuah tindakan membodohkan diri sendiri. Setidaknya, menulisa ulang dari beberapa sumber adalah cara terbaik ketika tidak punya ide sendiri. Bukan dengan salin tempel.

6.     6. Dikucilkan Oleh Blogger Lain

Selain dibenci blogger lain, utamanya pemilik blog, risiko selanjutnya adalah ketika pemilik blog tahu blog Anda yang menyalin artikelnya. Selanjutnya ia mengambil screenshot blog, disebar di grup-grup blogger. Ujung-ujungnya adalah komunitas blogger akan melakukan boom klik pada iklan yang ada di blog. Karena banyaknya klik bermasalah, ancaman banned akun adsense pun sangat nyata.

Nah, itulah 6 bahaya artikel copy paste bagi blog. Jadi, jangan suka copas ya...

6 Bahaya Artikel Copy Paste Bagi Blog Reviewed by Andi Leangle on May 30, 2020 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Info Ngeblog © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.