Breaking News

Seo

SEO CHECKLIST TERBARU 2016 (PEMULA)

Diharapkan juga daftar ini bisa memberikan gambaran untuk mereka yang baru belajar SEO. Saya akan membagi daftar ini ke dalam 4 bagian besar, yaitu:

  • Tips SEO dasar
  • Optimasi SEO onpage
  • Optimasi konten
  • Optimasi SEO Offpage
Jadi langsung saja kita mulai....

TIPS SEO DASAR

Gunakan Google Analytics

Buat yang mau serius belajar SEO, harus belajar juga mengenali cara penggunaan Google Analytics, karena alat ini yang bisa memberikan gambaran yang cukup lengkap tentang demographic pengunjung di website kita di dalam sistem Google.

Anda juga bisa dengan mudah melihat laman mana atau topik mana yg menjadi target pemasaran yang ideal, apabila anda mengetahui cara penggunaan Google Analytics. Untuk menguasai cara penggunaan Google Analytics ini anda mungkin harus belajar selama dua minggu, akan tetapi ini adalah proses yg krusial bagi yg ingin menguasai SEO

Gunakan Google & Bing Webmaster Tools

Jika anda merasa perlu untuk mendapatkan data-data yang menjadi faktor penentu trafik dari mesin pencari menuju website anda, maka menghubungkan website anda ke Google dan Bing webmaster tools adalah hal yang perlu anda lakukan. Semua data onpage, offpage, ranking, dan masih banyak lagi akan dengan mudah anda amati.

Cek Kecepatan Muat Halaman Web Anda

Ini adalah salah satu hal yang perlu anda pastikan tidak bermasalah, karena jika halaman web anda bermasalah dalam kecepatan muat, maka potensi seperti gagal perayapan bisa saja terjadi. Anda tidak akan mau mesin pencari seperti Google gagal merayapi halaman anda karena terlalu lama dimuat. Jadi gunakan tools Google Pagespeed Insight untuk membantu anda melakukan pengecekan.

apabila Menggunakan CMS Pastikan Ada SEO Plugin

SEO plugin adalah alat yang bisa membantu anda mengendalikan elemen-elemen SEO di dalam setiap halaman web anda seperti title, meta description, heading, dan masih banyak lagi. Bagi anda pengguna CMS Wordpress bisa memakai YOAST SEO sebagai plugin; karena tools ini memberikan pengendalian yang cukup luas dan sangat memenuhi kriteria SEO yang baik.

Gunakan Desain Website Yang Responsive

Ini adalah desain yang otomatis menyesuaikan lebar website dengan lebar layar  pengguna, sehingga akan sangat nyaman dibaca oleh pengguna gadget mobile. Sekarang ini lebih dari 50% pencarian itu terjadi melalui perangkat mobile, jadi anda akan sangat rugi jika desain website anda tidak responsive karena Google akan menjatuhkan peringkat anda pada hasil pencarian mobile.

Cek Broken Link Di Website Anda

Ini juga perlu dimasukkan ke dalam list karena broken link adalah ciri dari website yang tidak dikelola dengan profesional. Ini bisa mempengaruhi penilaian website anda. Jadi silahkan mengecek website anda dengan menggunakan  http://www.brokenlinkcheck.com/

Buat Peta Situs

Di awal proses belajar SEO anda, pastikan web anda mempunyai peta situs dan kirim peta situs anda di Google Webmaster Tools, ini akan membantu mempercepat perayapan dari situs anda.

Pelajari Penggunaan Robots.TXT

Robots.txt adalah cara anda mencegah googlebot merayapi halaman tertentu dari website anda. Ini terkadang diperlukan untuk mencegah munculnya halaman yang serupa di Google (sama title dan konten); dan juga bisa mencegah halaman-halaman yang ingin anda rahasiakan dari umum masuk ke dalam index Google.

Check Server

Masalah yang sering dialami oleh mereka yang menggunakan web hosting sendiri adalah ketidakandalan dari server. Jadi sebaiknya anda mengecek dengan melakukan FETCH AS GOOGLE dari Google Webmaster Tools anda (search console).

Sertifikat SSL?

Jika website anda adalah website yang berinteraksi dengan konsumen dan meminta konsumen memberikan data-data yang perlu dijaga kerahasiaannya, maka sebaiknya anda menggunakan https untuk membuat data dari konsumen anda terenskripsi. Google akan memberikan poin tambahan untuk keamanan data pengguna ini.

OPTIMASI SEO ONPAGE

Optimasi SEO Onpage ini adalah sesuatu yang bisa anda kerjakan langsung pada website anda, dan ini termasuk optimasi yang mudah dilakukan bagi anda yang sudah belajar dan punya dasar HTML.

Optimasi Title Tag

Perhatikan 3 poin di bawah ini saat anda melakukan optimasi title tag

  • Maksimum 65 karakter sekitar 7-10 kata
  • Tempatkan kata kunci di posisi terdepan; jangan brand anda (jika belum terkenal)
  • Setiap halaman harus beda title-nya; jangan sampai ada 2 halaman yang sama

Optimasi Meta Deskripsi

Meta deskripsi biasanya digunakan untuk menargetkan varian kata kunci yang lebih luas. Jadi meta deskripsi sebaiknya diisi dengan kata kunci yang bisa melengkapi kata kunci yang ada di title tag. Misalnya title tag anda menargetkan Jual Mobil Honda, maka anda bisa menaruh type-type dari mobil honda di dalam meta deskripsi.

Panjang maksimumnya adalah 155 karakter. Jika anda adalah website usaha, maka anda bisa memberikan nomor kontak pada akhir deskripsi.

Heading

Pastikan anda menggunakan heading h1 hanya sekali dan memuat kata kunci. heading h1 ini biasanya disamakan dengan isi dari title tag. Gunakan juga h2 dan h3 sebagai sistem heading untuk poin pembahasan dan sub poin pembahasan di dalam artikel.

Internal Link

Ini adalah link yang menghubungkan antar halaman di dalam website anda. Anda bisa  mengatur link yang paling penting untuk diletakkan di header dan link penunjang diletakkan pada sidebar. Pengaturan posisi link ini akan memberikan poin yang berbeda. Semakin di atas, dan semakin di kiri, maka akan semakin besar poin yang diberikan ke halaman yang dituju.

Usahakan tidak menaruh eksternal link dalam header, termasuk link sosial media anda.

OPTIMASI KONTEN

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat melakukan optimasi konten, yaitu:

  • Tulisan yang lengkap dan mendetail akan disukai oleh Google. Panjang rata-rata tulisan yang sangat kuat bersaing adalah 2000 kata. Tentunya ini juga dipengaruhi persaingan. Jika pesaing anda tidak ada yang melebih 500 kata, maka anda tidak perlu sampai ke batas 2000 kata.
  • Jangan terlalu kaku dalam menyebar kata kunci. Gunakan banyak varian, dan sertakan juga sinonim dan istilah-istilah yang umum untuk niche yang dipilih
  • Pasang link yang anda harapkan mendapatkan klik terbanyak di sidebar atau dalam bentuk banner. Algoritma RankBrain, akan mendorong peringkat ranking dari artikel anda yang banyak mendapatkan klik
  • Gunakan Video atau Gambar di dalam posting

OPTIMASI OFFPAGE

Sebenarnya optimasi offpage itu tujuannya menaikkan popularitas website anda di internet. Tapi mendapatkan backlink adalah satu-satunya metode offpage yang memberikan poin untuk halaman web kita. Tapi anda bisa juga mencoba beriklan di sosial media seperti facebook, mumpung rate iklan untuk Indonesia masih termasuk murah.

Btw, menurut beberapa data yang aku ambil sepertinya website yg memasang iklan pada adwords akan sangat sulit dioptimasi. Belum tahu kenapa, tapi mungkin ini hanya prinsip ekonomi biasa yg diterapkan oleh Google. Kalau mampu bayar kenapa wajib perdeo.....

Kembali ke kasus backlink terdapat beberapa hal yg wajib anda perhatikan, yaitu keragaman kata kunci, nama domain, IP website, dofollow nofollow, dan otoritas halaman. Inti berdasarkan backlink adalah mendapatkan profil backlink yg terlihat alami oleh prosedur pemecahan mesin pencari.

==================

Ok, itu telah relatif sebagai check list bagi mereka yg baru mau memulai belajar SEO. Yang perlu sebagai catatan ini bukanlah proses yang bisa selesai dalam seminggu, anda mungkin perlu kerja keras 1 bulan sampai 3 bulan buat mulai melihat output dari optimasi anda.

SEO CHECKLIST TERBARU 2016 (PEMULA) Reviewed by Andi Leangle on May 29, 2020 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Info Ngeblog © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.