Breaking News

Seo

5 Tips Mengganti Template Blog yang Wajib Diperhatikan

5 Tips Mengganti Template Blog yang Wajib Diperhatikan
5 Tips Mengganti Template Blog yang Wajib Diperhatikan - Mengganti template bagi sebagian blogger memang masih dilakukan. Apalagi jika merasa blognya belum tampil ganteng. Nah, soal ganti template, berikut ini kita bahas tips mengganti template yang wajib diperhatikan.

Hal-hali berikut ini sangat penting karena akan berpengaruh pada optimasi dan trafik blog Anda. Yang perlu dicatat, mengganti templateitu wajar saja. Yang tidak baik adalah gonta ganti template. Nah, langsung saja berikut ini 

Tips mengganti template yang wajib diperhatikan

1.     Lakukan Persiapan

Hal paling awal tentunya adalah persiapan. Pastikan kuota internet ataupun sambungannya lancar jaya. Jangan sampai pas ganti templatekehabisan kuota. Pastinya tampilan blog jadi amburadul bukan?

2.     Tetapkan Template Pilihan

Mengganti template bagi blog kecil, artikel belum ratusan, pengunjung masih di bawah ratusan memang tak masalah. Tapi jika blog mulai berkembang, artikel dan kategori sudah banyak, maka mengganti templateharus benar-benar mantap pilihannya. Jangan sampai setelah terpasang malah kurang bagus lalu harus ganti template lagi. Jadi perhatikan betul-betul pilihan Anda pada suatu template terbaik dan yakin tidak berganti lagi untuk waktu yang lama.

Pemilihan template harus tepat. Pastikan templateyang Anda pilih adalah yang memiliki kecepatan loading, responsive dan mendukung SEO blog. Percuma blog cantik tapi loading-nya lama. Juga kurang bagus kalau hanya cantik di tampilan desktop, tapi biasa saja di tampilan ponsel.

3.     Pilih Waktu Luang dan Sepi Pengunjung

Mengganti template blog butuh waktu yang tidak sebentar. Karena itu Anda harus meluangkan waktu ataupun memilih waktu senggang untuk mengganti template. Lamanya waktu karena penggantian templatemencakup beberap hal terkait. Misalnya pembenahan tautan menu, kode-kode di sidebar, kode iklan dan sebagainya.

Tak hanya dari pihak Anda sebagai pemilik blog, Anda juga perlu mempertimbangkan memilih waktu-waktu di mana sepi pengunjung. Mungkin tengah malam, ataupun menjelang pagi.

4.     Backup Template Lama, Amankan Kode Penting

Yang harus dipastikan dan tak boleh lupa, sebelum mengganti templatecadangkan template lama Anda. Hal ini untuk mengantisipasi kalau ada error ketika penggantian. Sehingga Anda tinggal memasang lagi templatelama.

Selain itu, backup template juga berguna untuk mengamankan kode-kode penting dalam blog. Misalnya kode verifikasi web master Google maupun Bing. Jika sudah terpasang kode iklan, backup juga penting untuk mengamankan kode iklan. Jadi nanti tinggal pasang di template yang baru.

5.     Gunakan Notepad ++

Ini tips mengganti template yang wajib diperhatikanberikutnya. Juga penting untuk memudahkan Anda mengatur kode maupun link berbagai menu. Notepad ++ adalah perangkat lunak (software) yang lebih canggih daripada notepad biasa bawaan Windows. Dengan perangkat ini Anda bisa menyimpan dulu template baru sebelum diunggah ke blog.

Mulai tata tautan penting seperti menu-menu maupun halaman yang akan ditampilkan di blog. Pengaturan widget dan footer juga bisa diolah dengan Notepad ++ ini.

Manfaat lain dari Notepad ++ adalah memperingan proses penggantian template. Mengutak-atik kode HTML langsung di blog biasanya akan terasa berat dan lama. Terutama bagi Anda yang jaringan internetnya melalui modem. Dengan Notepad ++ ini maka kerja akan lebih ringan. Setelah semua kode penting disisipkan dalam template lewat Notepad ++ maka nantinya tinggal salin dan tempel ke template Anda.

Itulah 5 tips mengganti template yang wajib diperhatikan. Semoga saja bisa membantu dan menambah wawasan. Selamat mengoprek template.

5 Tips Mengganti Template Blog yang Wajib Diperhatikan Reviewed by Andi Leangle on May 28, 2020 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Info Ngeblog © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.