Breaking News

Seo

Cara Menaikkan CTR Website di SERP Google

Menaikkan CTR di SERP Google

Saat anda belajar SEO anda perlu mengenal kata CTR, atau click through rate & belajar bagaimana cara memaksimalkan CTR dari website anda di Google. Ini sangat krusial karena ini sanggup memaksimalkan peringkat anda hingga ke ranking 1 Google.

Apa itu CTR?

CTR atau click through rate adalah persentase jumlah klik yang sanggup anda dapatkan berdasarkan total jumlah penayangan Google di output pencarian. Jadi bila halaman web anda ditayangkan 1000 kali pada suatu pencarian istilah kunci tertentu & hanya menerima 10 klik, itu berarti CTR anda 1% saja.

Alasan primer semua orang mau ranking 1 adalah CTR ini. Nilai CTR menurut ranking 1 di Google sanggup 5 kali lipat dari ranking 5. Jika ini berbicara masalah usaha, maka itu sanggup berarti penghasilan yang lima kali lebih besar .

Sayangnya....

Dulu ranking 1 mampu mendapatkan rata-homogen 60% klik, tapi hari ini telah turun ke 50% klik. Di luar negeri bahkan telah turun ke 30% klik....

Banyaknya iklan & berubahnya sifat klik pada pengguna mobile sebagai kambing hitam dari turunnya CTR ini. Tapi ini menjadi berita baik buat ranking-ranking yang lebih rendah, karena CTR ini beralih ke mereka (tentunya setelah dikurangi yg beralih ke iklan ?? )

Riset CTR SERP Anda

Untuk memperbaiki CTR pada SERP tentu anda wajib melakukan riset terlebih dahulu buat mengetahui kondisi CTR saat ini.

Langkah-langkah riset CTR buat memaksimalkan di SERP Google itu relatif sederhana:

  • Silahkan masuk ke halaman webmaster tools website anda
  • Lalu di bagian SEARCH TRAFFIC klik SEARCH ANALYTICS
  • Anda akan melihat tabel di halaman ini dan silahkan centang click, impression, CTR, dan position
  • Nanti akan muncul kolom-kolom tabel baru; Klik judul kolom tabel IMPRESSIONS agar data diurutkan menurut kata kunci yang penayangannya terbesar ke terkecil.
Kurang lebih akan seperti gambar di bawah ini....

Kita mengurutkan menurut impressions atau pemuatan link website kita agar kita mampu melihat kata kunci yang potensinya paling besar dan masih bisa dimaksimalkan CLICKS-nya.

Untuk memaksimalkan CLICKS menurut suatu IMPRESSIONS anda sanggup melakukan 2 hal, yaitu memaksimalkan POSITION (yaitu menjadi ranking 1), atau setidaknya mempertinggi CTR menggunakan membuat cuplikan website anda pada SERP terlihat menarik

Cara Menaikkan CTR

Dulu terdapat banyak sekali trik buat menaikkan CTR ketika rich snippet masih mampu dipakai secara luas. Tapi kini trik yg sanggup dipakai cukup terbatas. Beberapa di antaranya adalah:

  • Membuat judul yang menarik
  • Menggunakan huruf kapital semua untuk judul
  • Menambahkan keterangan yang menarik di meta description

Masalahnya merupakan bagaimana buat menimbulkan imbas "menarik" berdasarkan judul & meta description kita yg ditampilkan pada SERP Google?

Untuk sanggup menaruh elemen yang menarik pada Title tag ataupun di meta description tentu anda harus tahu apa hot button buat artikel tersebut. Misalnya jikalau anda jualan online, maka hot buttonnya sanggup ada pada harga murah, atau diskon , atau COD, dll.

Tapi bila anda tidak paham bagaimana cara membuat judul yang menarik, anda bisa mencoba mencari iklan-iklan online pada adwords dan facebook ads, buat melihat bagaimana cara mereka menambahkan kata-kata yg menjual pada judulnya.

Hanya saja ingat buat meletakkan kata kunci primer di bagian depan judul, agar SEO tidak menjadi rusak hanya lantaran anda berusaha menaikkan CTR.

Cara Menaikkan CTR Website di SERP Google Reviewed by Andi Leangle on May 08, 2020 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Info Ngeblog © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.