Breaking News

Seo

Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage (intermediate)

cara melakukan seo onpage

Jadi di sini akan dijelaskan secara bertahap apa yang bisa anda lakukan untuk optimasi onpage dari blog anda. Sayangnya artikel ini lebih sesuai untuk pelaku SEO intermediate level yang sudah punya beberapa pengetahuan SEO dasar. So, untuk yang benar-benar baru belajar SEO, mungkin bisa mempelajari panduan ini dengan sangat perlahan dan membuka-buka link yang ada di dalam artikel ini.

Mari kita mulai.....

Optimasi SEO onpage yang dijelaskan pada dalam artikel ini akan terbagi atas beberapa bagian primer:

  • Optimasi pada bagian head halaman web
  • Optimasi pada bagian body halaman web
      • Optimasi halaman muka
      • Optimasi sitewide
      • Optimasi halaman artikel
  • Yang harus dihindari saat melakukan optimasi SEO onpage

Artikel ini akan sangat lengkap membahas masalah onpage, jadi bagi anda yg benar-sahih mau serius meningkatkan syarat menurut website anda silahkan membaca secara perlahan agar anda sanggup melakukannya dengan sahih.

Panduan ini berlaku buat semua laman web dan bukan hanya buat blogspot saja. Jadi setiap pemilik web silahkan mengusahakan supaya webnya sinkron dengan petunjuk pada bawah ini.

Optimasi Pada Bagian Head Halaman Web

Yang dimaksud dengan bagian head dari halaman web adalah bagian yang di batasi oleh kode <head> sampai </head> di dalam halaman web anda. Ada 2 hal penting yang harus anda perhatikan di dalam bagian head ini yaitu title tag dan meta description

Dua elemen ini saja yg perlu menjadi fokus utama berdasarkan bagian head ketika membuat halaman web anda....

Title Tag

Ada banyak sekali orang yang membuat title tagnya menjadi sangat panjang, bisa ada puluhan kata di dalam title tag. Ini bukanlah praktik yang baik karena semakin banyak kata di dalam title tag anda, maka setiap kata hanya akan mendapatkan poin yang kecil. Itu akan sangat mempersulit halaman web anda untuk menguasai kata kunci yang tertentu.

Title tag itu sebaiknya dibatasi 7-8 istilah saja. Dan jika anda masih punya rencana buat mengangkat kata kunci yang lain, maka sebaiknya buat halaman baru yang ditujukan spesifik buat meningkatkan secara optimal istilah kunci tadi. Ingatlah buat selalu memastikan nir ada halaman web yg menggunakan title tag yg sama.

Yang perlu anda perhatikan adalah type dari website anda. Apakah website anda membahas banyak niche atau fokus pada niche tertentu saja.

Kalau website anda adalah website yang fokus pada niche tertentu, maka anda bisa menggunakan title tag untuk kata kunci paling berat di dalam website anda. Ini berbeda dengan mereka yang menggunakan banyak sekali niche yang berbeda di dalam satu websitenya. Jika website anda merupakan campuran dari banyak niche, maka halaman home hanya bisa menggunakan kata kunci yang umum. Kata kunci per nichenya bisa anda fokuskan pada halaman kategori.

Kata kunci yg umum itu misalnya "berita terbaru" atau "portal beritadanquot; atau relatif hanya berisikan nama domain saja.

Yang perlu anda ketahui waktu anda menciptakan website dengan banyak niche, maka anda sama saja menciptakan banyak website yang masing-masing serius pada satu niche. Apabila anda membuat 5 niche tidak sama, maka itu sama saja anda mengoptimasi 5 website yang tidak sama. Jadinya akan sangat sulit buat mengoptimasi banyak niche bersamaan pada dalam satu domain. Satu sama lain akan saling mengaburkan fokus relevansi istilah kunci di keseluruhan website.

Bagi anda yang pernah membuat website menggunakan niche yg beragam dan website dengan niche yg penekanan, niscaya bisa merasakan beda tingkat kesulitan pada optimasinya. Anda harus bekerja keras melakukan update artikel dan jua mencari backlink bila nichenya campur kocok.

Saat membuat title tag pada laman artikel usahakan anda tidak perlu mengikutkan title tag dari halaman home atau brand anda. Kecuali anda memang berencana berakibat merk anda menjadi istilah kunci yang bisa dicari orang suatu ketika nanti, maka silahkan mulai mengoptimasi merk menjadi kata kunci.

Rangkuman:

  • Optimasi SEO onpage untuk title tag itu sebaiknya maksimal 7-8 kata. Kalau ada banyak kata kunci yang ingin anda menangkan, maka buatlah artikel yang lain, itu akan jauh lebih mudah
  • Untuk website yang hanya membahas satu niche....kata kunci utamanya selalu dimasukkan di dalam title tag dari homepage. Sedangkan untuk website yang mempunyai banyak niche, maka kata kunci utama untuk masing-masing niche difokuskan pada halaman kategorinya.
  • Jangan pakai brand di title tag, kecuali memang itu fokus dari bisnis anda. Misalnya crystal x, vimax, dll.
  • Pastikan tidak ada halaman yang memakai title tag yang sama.

Meta Description

Meta description adalah meta tag yang diletakkan di dalam halaman untuk membantu Google memahami konten dari halaman anda. Sifat dari meta description adalah rekomendasi, jadi Google tidak wajib menggunakannya. Terkadang Google membuat deskripsi sendiri. Jadi bagi anda yang tidak memasang meta description, peluang untuk menjadi ranking 1 masih tetap ada.

Meta description ini hanya membantu anda menargetkan kata kunci yang sahih-benar anda inginkan. Dan jika Google sepakat & menganggap rekomendasi anda relevan, maka meta anda akan digunakan. Perlu anda catat bahwa panjang maksimal berdasarkan meta description ini adalah 150 karakter.

Apa fungsi dari meta description di dalam optimasi SEO onpage?  Fungsinya adalah memperluas target kata kunci untuk variasi long tail keyword. Kata-kata yang anda masukkan ke dalam meta description bisa diperhitungkan dalam peringkat kata kunci yang panjang. Misalnya anda adalah perusahaan yang menjual mobil dari berbagai perusahaan manufaktur, maka akan terlalu panjang jika anda memasukkan semua brand dan type ke dalam title tag. Anda bisa memasukkannnya ke dalam meta description.

Jadi jika pada pada meta description home anda mampu memasukkan merek misalnya toyota, honda, daihatsu, mitsubishi, dll, maka anda mampu memasukkan type-type dari masing-masing merk kendaraan beroda empat ke pada meta description dari halaman kategori. Misalnya buat kategori kendaraan beroda empat toyota, mampu anda masukkan pada pada meta descriptionnya type agya, avanza, rush, yaris, fortuner, dll.

Pastikan setiap istilah yang anda masukkan ke dalam meta description ini relevan menggunakan konten page & sanggup ditemukan di dalam page tadi oleh pembaca.... Minimal 3x pemunculan.

Rangkuman:

  • Atur penggunaan meta description anda untuk mendapatkan variasi kata kunci yang lebih luas
  • meta description maksimal 150 karakter dan relevan dengan konten halaman

apabila anda mampu melakukan dua pengaturan pada bagian head menurut halaman web anda ini dengan sahih, maka anda sudah melakukan optimasi yang sangat penting berdasarkan SEO onpage. Jangan hingga anda gagal melakukan bagian yg ini atau meningkatkan secara optimal anda akan sangat berat.

Optimasi SEO onpage Pada Body Halaman Web

Setelah anda mengetahui bagaimana cara melakukan optimasi pada bagian head, maka sekarang anda bisa mencoba melakukan optimasi SEO onpage pada bagian body. Inilah bagian yang akan ditampilkan di browser untuk para pengunjung website anda. Ada banyak sekali optimasi penting yang harus anda perhatikan di sini. Jika salah melakukannya, maka relevansi website anda untuk kata kunci yang anda targetkan bisa menjadi sangat lemah.

Optimasi buat bagian body ini menyangkut tiga bagian primer, yaitu tampilan semua website (sitewide), tampilan khusus home & tampilan spesifik halaman artikel. Jadi sekarang anda mampu mencoba buat menyelidiki bagaimana cara menciptakan struktur halaman web anda yg sebagai lebih SEO friendly.

Optimasi SEO onpage sitewide (berlaku di seluruh page web)

Yang perlu anda perhatikan pada optimasi SEO onpage di seluruh halaman web adalah:

  • Pastikan tidak ada link keluar yang berada di bagian atas halaman. Banyak website melakukan kesalahan dengan meletakkan link media sosialnya di bagian header. Link media sosial ini sebaiknya diletakkan di bagian sidebar jika memang diperlukan
  • Pastikan link paling penting dari website anda dimasukkan ke dalam menu header
  • Sedapat mungkin tidak ada link keluar menuju halaman web yang tidak ada hubungannya dengan niche dari website anda. Misalnya website anda adalah website otomotif, maka jangan memasang link menuju website kuliner.
  • Jangan memakai script yang waktu muatnya terlalu lama dan bisa menghalangi pemuatan halaman anda, karena bisa menghambat perayapan oleh robot. Jadi pastikan halaman web anda bisa dimuat dengan mudah.
  • Jika website anda mempunyai banyak niche, maka sebaiknya memasang link dari top artikel masing-masing niche pada sidebar dari website
  • Pastikan hanya ada sebuah Heading 1 atau H1 atau heading utama di setiap halaman web anda, dan pastikan H1 itu memuat kata kunci utama dari halaman tersebut.
  • Sebaiknya link di setiap halaman itu dibatasi 50 saja dan semuanya saling relevan dengan konten dari halaman tersebut. Hanya saja untuk website yang mempunyai banyak niche tentu ini akan menjadi masalah, dan sulit membatasi jumlah link di dalam satu halaman, jadi web seperti ini harus kuat mendapatkan backlink
  • Usahakan meletakkan link dari peta situs anda pada menu header
  • SAAT INI PENCARIAN VIA MOBILE SUDAH LEBIH BESAR DARI PENCARIAN VIA PC DESKTOP JADI GUNAKAN THEME YANG MOBILE FRIENDLY ALIAS RESPONSIVE DESIGN.
Kurang lebih ini adalah optimasi SEO onpage sitewide yang perlu anda perhatikan saat anda membuat website anda .

Optimasi SEO onpage dalam beranda atau homepage

Selain semua hal yang ada di atas, ada beberapa optimasi tambahan yang perlu anda lakukan pada halaman homepage anda untuk membantu halaman web anda mendapatkan ranking.

  • Jika anda membuat website dengan niche yang spesifik dan mengincar kata kunci tertentu, maka sebaiknya anda menaruh kata kunci tersebut di dalam judul dan di dalam paragraf pertama, karena ini yang akan ditayangkan di halaman home dari website anda. Ini akan sangat membantu dalam menjaga kepadatan kata kunci di halaman homepage anda.
  • Ingat untuk selalu memasang read more di setiap artikel baru. Jangan membiarkan artikel ditampilkan utuh di halaman homepage, karena setiap pembuatan artikel baru, maka artikel lama akan tenggelam. Menampilkan artikel dengan utuh akan membuat perubahan susunan kata menjadi sangat drastis, dan ini bisa membuat Google mengkalkulasi ulang halaman web anda dan menghasilkan perubahan nilai yang sangat besar, sehingga web anda akan sulit untuk stabil di peringkat tertentu.
  • Jika anda membuat banyak niche/kategori, maka usahakan setiap niche mempunyai kolom artikel-artikel terbarunya sendiri di halaman homepage.
  • Pastikan judul utama website anda berisikan kata kunci utama dan menggunakan heading H1...dan gunakan H2 untuk judul-judul artikel.
  • Sedapat mungkin mengusahakan ada 1000 kata pada halaman homepage anda dan pengulangan kata kunci antara 2% sampai 5%. Kepadatan kata kunci bisa lebih tinggi dari ini selama pengulangannya itu dalam bentuk link dan bukan teks biasa.
Kurang lebih ini adalah hal yang penting untuk anda perhatikan saat melakukan optimasi SEO onpage pada halaman homepage anda.

Optimasi SEO onpage pada laman artikel

Halaman artikel adalah halaman yang akan diandalkan untuk memenangkan kata kunci panjang dan ini yang akan menjadi sumber trafik anda ke depannya. Jadi sebaiknya anda selalu serius membuat artikel anda. Jauh lebih baik membuat 1 artikel yang serius daripada 10 artikel yang asal jadi.

apabila anda menciptakan artikel selalu sebaiknya untuk memperhatikan hal-hal yg terdapat di bawah ini:

  • Usahakan panjangnya lebih dari 1000 kata
  • Jika anda membuat artikel untuk persaingan yang sangat berat, maka buatlah artikel utama dan puluhan artikel pembantu yang membahas topik yang sama dengan artikel utama sambil melakukan internal link.
  • Lakukan cetak tebal sekali saja pada tiap kata kunci di dalam artikel.
  • Jangan melakukan internal link dengan halaman yang tidak ada relevansinya dengan pembahasan artikel
  • Jika harus memasang eksternal link usahakan tidak melebihi 2 link dan pastikan itu adalah link yang paling relevan dengan halaman web anda. Bagaimana cara mengetahui itu adalah situs yang paling relevan? Mudah saja lakukan pencarian di google dengan menggunakan kata kunci dari anchor text link yang akan anda buat.
  • Gunakan media lain berupa gambar atau video, dan jangan lupa aplikasikan alt tag pada gambar
  • Usahakan tulisan anda berkualitas karena tujuan dari melakukan SEO adalah mendapatkan pengunjung yang akan berkunjung kembali. Pengunjung yang kembali ini adalah pengunjung yang akan melipatgandakan jumlah pengunjung harian anda nantinya
  • Sebenarnya tidak ada yang namanya kepadatan kata kunci, tapi jika anda ingin merasa aman, maka anda bisa menjaga jumlah pengulangan kata kunci dalam batasan 2 sampai 5 persen dari jumlah kata di dalam artikel.
  • Gunakan widget artikel terkait, atau lakukan internal link secara manual. Jika memungkinkan, maka usahakan agar link pada sidebar hanya menampilkan artikel yang relevan dengan artikel dalam halaman tersebut
  • Frekuensi update sangat penting jadi usahakan anda bisa melakukan update yang sangat rutin saat membangun website anda.
Inilah poin-poin utama dari optimasi SEO onpage yang berkenaan dengan artikel.

Yang Harus Dihindari Saat Melakukan SEO Onpage

Bagi anda yang sudah membaca artikel di atas maka tentunya anda akan tahu bahwa hal-hal penting yang perlu anda hindari dalam SEO onpage sudah disinggung beberapa di atas, tetapi di sini akan saya perjelas lagi.

  • Hindari link keluar berada di bagian atas atau kiri halaman atau lebih dulu dari konten utama, walaupun itu adalah sosial media anda sendiri.
  • Hindari link menuju website yang tidak relevan walaupun itu adalah link dari website anda sendiri
  • Dalam Melakukan SEO onpage, penggunaan kata kunci itu sebaiknya alami saja, jadi hindari melakukan penumpukan kata kunci. Ini justru mengganggu pembaca website anda.
  • Script yang lambat dimuat sebaiknya dihapus saja atau pindahkan tempat penyimpanan scriptnya
  • Hindari masalah pengindeksan dengan selalu mengecek apakah server anda berfungsi dengan benar dan tidak memblokir robot dari search engine
  • Hindari Google mengindeks halaman yang menggunakan title tag yang sama dengan memastikan judul setiap halaman berbeda. Dan jika sebuah judul mempunyai beberapa versi tampilan sebaiknya blokir versi yang lain dari robot mesin pencari dengan menggunakan robots.txt.
Kurang lebih inilah yang harus anda perhatikan saat anda Melakukan SEO onpage. Mungkin banyak istilah yang tidak dipahami di dalam artikel di atas, sekali lagi .... anda bisa melakukan googling untuk memahami istilah-istilah di dalam panduan SEO onpage ini.

Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage (intermediate) Reviewed by Andi Leangle on May 31, 2020 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Info Ngeblog © 2017
Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.