Breaking News

Seo

Cara Membuat Blog Di Blogspot Terbaru

cara membuat blog di blogspot sampai SEO ready

7 Langkah Membuat Blog Di Blogspot

Ada 7 langkah untuk membuat blog anda di blogspot sampai blog anda cukup baik untuk bersaing. 7 langkah tersebut adalah:

  1. Membuat blog baru di blogspot
  2. Mengganti template di blogspot
  3. Membuat artikel di blogspot
  4. Membuat Laman Statis di blogspot
  5. Menambah widget di blogspot
  6. Mengganti blogspot ke nama domain sendiri
  7. Membuat blogspot lebih SEO
Jadi langsung saja kita mulai.

Membuat Blog Baru pada Blogspot

Cara menciptakan blog pada blogspot ini sangat gampang. Anda hanya memerlukan sebuah akun email pada google buat melakukan ini. Selebihnya anda cukup mengikuti pedoman yg terdapat di bawah ini.

  1. Buka website blogger dengan mengklik tautan www.blogger.com dan masukkan username dan password dari akun Gmail anda.
  2. Setelah anda masuk ke dalam dasbor dari blog anda akan ada sebuah tombol BLOG BARU di bawah foto anda. Silahkan klik tombol tersebut untuk memulai membuat blog baru anda di blogspot.

klik tombol blog baru untuk mulai membuat blog

  • Akan muncul sebuah POP UP yang meminta anda memasukkan judul dari blog baru (1) yg akan anda buat; alamat subdomain (2) berdasarkan blog, dan pula pemilihan template awal (4).

    tampilan formulir untuk pembuatan blog baru

  • Panduan buat anda:
    • Pastikan judul anda berisikan kata kunci yang anda targetkan; jangan menaruh brand anda ke dalamnya. Jikalau anda harus menaruh brand pada title, maka letakkan di belakang
    • Pilih nama subdomain yang mengandung kata kunci utama (2), dan tunggu konfirmasi untuk melihat apakan nama subdomain yang anda pilih itu tersedia (3).
    • Jika anda adalah pebisnis online, maka nantinya anda harus mengganti subdomain ini menjadi domain .com anda sendiri (Biayanya cuma Rp.125.000/tahun)
  • Jika anda telah terselesaikan melakukan pengaturan, maka anda telah mampu mengklik BUAT BLOG buat menuntaskan pembuatan blog baru anda ini.
  • Sampai di sini anda sudah tahu cara membuat blog baru. Tapi blog ini masih standar, dan tidak akan bisa membantu anda untuk memenangkan apapun di mesin pencari Google. Jadi sekarang silahkan lanjut untuk mempelajari cara membuat blog blogspot anda ini menjadi SEO friendly.

    Mengganti Template Di Blogspot

    Setelah anda membuat blogspot menggunakan tampilan yg sangat standar, maka usahakan anda segera mengubah template buat menciptakan blogspot anda terlihat lebih profesional. Untuk melakukan ini anda mampu mengikuti panduan pada bawah ini.

    Ada beberapa tempat yang mampu anda kunjungi buat mendapatkan template baru yg gratis. Beberapa pada antaranya merupakan:

    • https://btemplates.com/
    • http://www.themexpose.com/
    • https://gooyaabitemplates.com/
    • http://www.mybloggerthemes.com/

    Di sini saya akan memberikan model menurut btemplates.Com. Jadi silahkan kunjungi URL yang ada di atas, & sesudah itu pilih template yang anda sukai. Ada banyak sekali template yg ditawarkan, tetapi sebelum anda memilih yang mana terdapat baiknya anda mengklik dulu tombol demo buat melihat tampilan dari template tadi secara online (lihat gambar pada bawah).

    klik DEMO di bawah contoh gambar template blog yang anda pilih

    Apa bila anda menemukan template yg anda sukai, maka pada atas tampilan template anda ada sebuah link DOWNLOAD TEMPLATE, silahkan diklik.

    download template dari btemplates

    Anda akan kembali ke halaman yang membahas detil menurut template tesebut, & pada halaman tadi ada sebuah link DOWNLOAD seperti pada gambar di bawah. Silahkan klik tombol DOWNLOAD tersebut.

    Lihat detail dari template saat anda membuat blog

    Akan muncul obrolan box yang meminta konfirmasi apakah anda mau mendownload template tersebut. Jika anda jadi memakai template tadi silahkan klik OK.

    klik OK untuk download template dari btemplates.com

    File akan diunduh dalam format ZIP, silahkan melakukan ekstrak file ZIP & sesudah itu perhatikan pada pada folder hasil ekstraksi terdapat file XML document. Di dalam file inilah data template itu tersimpan.

    pilih file xml dari hasil ekstraksi di komputer

    Untuk memasang template dalam blog yang baru anda buat silahkan klik CADANGKAN/PULIHKAN

    Upload template dengan menggunakan tombol cadangkan dan pulihkan

    Akan timbul POP UP. Silahkan mengklik TELUSURI untuk mencari file menurut folder yg tadi saudara ekstraksi. Pilih file XML yang anda inginkan, kemudian klik OPEN. Setelah file terpasang, silahkan klik UNGGAH

    telusuri template dari ZIP folder

    Tunggu beberapa waktu hingga pemasangan template selesai dilakukan. Jika pemasangan berhasil, maka anda akan melihat gambar cuplikan template anda berubah. Jadi sangat gampang cara menciptakan blog anda mempunyai tampilan yg lebih pro.

    Catatan:

    1. Sangat penting untuk memilih template blog yang SEO ready, jadi anda bisa mengetikkan kata SEO pada kotak pencarian pada website tersebut untuk menemukan template yang SEO ready
    2. Utamakan template yang tidak meletakkan link-link social media pada header, setidaknya link social media ada pada sidebar, atau kalau perlu tidak ada sama sekal. Ini sangat penting untuk membuat blog anda tidak membocorkan poin yang besar.

    MEMBUAT ARTIKEL DI BLOGSPOT

    Untuk membuat artikel blog mampu anda lakukan dengan mengklik icon pencil, dan di bawah ini adalah tampilan editor menurut artikel blogspot. Saya menaruh angka dalam setiap komponen untuk membantu anda melihat tombol yg diharapkan buat setiap tutorial di bawah.

    fitur di dalam post editor dari blogspot

    1. Saat anda membuat artikel di blog, maka langkah pertama yang perlu anda perhatikan adalah penggunaan kata kunci di dalam Judul (1). Judul seharusnya memuat kata kunci panjang untuk membantu anda menguasai kata kunci pendek pada homepage atau kategori.
    2. Saat anda membuat artikel sebaiknya menggunakan heading untuk poin-poin pembahasan. Seperti poin pembahasan di atas CARA MEMBUAT ARTIKEL DI BLOGSPOT diberi heading H2 sehingga terlihat lebih besar dari teks biasa. Caranya mudah, cukup sorot judul poin pembahasan lalu klik NORMAL(11) dan ubah menjadi HEADING.
    3. Anda juga bisa memberi BOLD(12) atau CETAK TEBAL pada pemunculan pertama kata-kata kunci di dalam artikel.
    4. Masukkan link menuju artikel itu sendiri di dalam artikel. Buka TAUTAN PERMANEN (30) dan copy calon URL dari dalamnya. Setelah itu sorot kata kunci utama di dalam artikel lalu klik LINK (18), dan setelah muncul pop up, paste URL yang tadi anda copy ke dalamnya.
    5. Gunakan 1 LABEL(28) saja untuk setiap artikel
    6. Masukkan deskripsi maksimal 155 karakter di DESKRIPSI PENELUSURAN saat anda membuat artikel di blog. Pilihan Deskripsi penelusuran ini hanya akan terlihat jika anda mengaktifkan meta description di menu SETELAN > PREFERENSI PENELUSURAN > TAG META > DESKRIPSI. Isi deskripsi ini dengan kata-kata kunci utama dan juga kata-kata yang erat kaitannya dengan kata kunci utama.
    7. Usahakan untuk membuat artikel yang tidak lebih dari 500 kata, dan jika mungkin sampai 2000 kata akan lebih baik lagi. Buatlah artikel yang alami dan tidak perlu melakukan penimbunan kata kunci.

    Ini merupakan cara membuat artikel yg SEO friendly buat blog anda, Jadi ini merupakan galat satu pengetahuan yg sangat penting buat anda yg baru belajar cara menciptakan blog

    MEMBUAT LAMAN STATIS DI BLOGSPOT

    Lama tidak aktif blogspot merupakan page web yg cenderung buat selalu anda hidangkan ke pengguna web. Misalnya merupakan laman TENTANG KAMI, atau DAFTAR HARGA, atau HUBUNGI KAMI, dll. Anda bisa membuat page misalnya ini dengan mengklik sajian LAMAN. Setelah halaman ini terbuka, silahkan klik LAMAN BARU buat menambahkan halaman baru.

    cara menambah laman statis baru di blogspot

    Cara pembuatan konten laman statis itu sama persis seperti menciptakan artikel blog biasa. Hanya saja anda perlu mengetahui bahwa halaman statis ini dibatasi hanya hingga 20 page statis saja. Selain itu page tidak aktif ini tidak akan timbul menjadi postingan baru. Untuk memunculkan laman statis ini, maka anda wajib memasang widget LAMAN atau PAGES dari hidangan TATA LETAK lalu klik TAMBAHKAN GADGET pada kolom di mana anda mau menambahkan widget laman tadi.

    MENAMBAH WIDGET PADA BLOG ANDA

    Saat anda belajar membuat blog, maka anda tentunya perlu mengetahui bagaimana cara menambahkan gadget atau widget dalam blog anda. Ini sangat krusial buat anda ketahui, karena ada beberapa widget yg perlu anda pasang pada blog blogspot anda.

    Jadi buat memasang widget silahkan ikuti pedoman pada bawah ini:

    pilihan gadget dari blogspot

    • Masuk ke dalam menu TATA LETAK
    • Klik TAMBAHKAN GADGET pada kolom yang ingin anda tambahkan GADGET.
    • Pilih GADGET yang anda inginkan dari pop up yang muncul
    • Mungkin akan ada beberapa pengaturan yang harus anda lakukan pada gadget yang anda pilih.
    • Jika pengaturan selesai silahkan klik SIMPAN dan widget akan terpasang di seluruh halaman blog. Jika anda mau widget hanya muncul pada halaman-halaman tertentu, maka gunakan fungsi b:if blogspot. Silahkan baca cara memasang WIDGET dan GADGET pada halaman tertentu.

    Ada beberapa widget yang perlu anda pasang, dan ini bagian pengetahuan krusial ketika anda belajar SEO buat blogspot.

    • Jika anda mempunyai laman-laman penting untuk navigasi dan memudahkan pengguna blog anda, maka gunakan  widget LAMAN/PAGES pada header
    • Pasang widget LABEL pada sidebar
    • Pasang juga widget atau gadget arsip pada sidebar
    • Jika anda widget yang tidak tersedia, tetapi ada yang mempunyai kode HTML atau JAVASCRIPTNYA, maka anda bisa menambahkannya dengan mengklik HTML/JavaScript

    MENGGANTI BLOGSPOT KE NAMA DOMAIN SENDIRI

    Bagi anda yg merupakan pebisnis online, maka sangat penting buat menciptakan website anda mempunyai domain sendiri. Saat ini orang sangat berhati-hati dalam belanja online; apalagi apabila melihat domain gratisan seperti ini. Mereka akan ragu, lantaran website anda terlihat sangat nir bonafid.

    Untuk mengatasi perkara ini; anda harus segera mengganti nama domain anda. Silahkan menghubungi penyedia nama domain misalnya eazysmart, rumahweb, dll. Bagi anda yang gaptek, anda mampu meminta bantuan menurut CS penyedia domain tadi untuk membantu mengarahkan blog anda ke domain baru, jika anda sahih-benar tidak paham & cuma berharap mampu terima beres.

    Saya lebih merekomendasikan ini bagi anda yg masih pemula, karena ini akan lebih cepat. Bahkan kebanyakan penyedia jasa domain lebih menyukai opsi ini daripada harus mengarahkan anda termin demi tahap.

    Tentunya anda wajib mengizinkan penyedia jasa domain buat mengetahui username & password anda. Anda mampu membarui password anda nantinya apabila anda merasa perlu mengamankan kembali kerahasiaan akun dari blog anda.

    Biasanya memerlukan waktu 1x24 jam atau bahkan 2x24 jam buat menciptakan peralihan dari blogspot ke domain baru anda. Jadi harap bersabar.

    MEMBUAT BLOGSPOT LEBIH SEO

    Saat anda belajar cara membuat blog di blogspot, tentunya anda perlu belajar SEO untuk meringankan optimasi anda nantinya. Sebelumnya anda sudah memilih template yang SEO ready, anda juga sudah mengetahui cara membuat artikel yang SEO friendly. Jadi sekarang anda hanya perlu belajar setelan akhir untuk membuat blog anda benar-benar siap untuk SEO.

    Silahkan masuk ke sajian SETELAN & pilih sub sajian PREFERENSI PENELUSURAN. Scroll pribadi ke bagian paling bawah page dan temukan TAG TAJUK ROBOT KHUSUS. Silahkan klik EDIT dan pilih YA. Nantinya akan terdapat beberapa pilihan buat dicentang. Silahkan centang seperti apa yang ada pada pada gambar di bawah ini.

    pengaturan untuk tag tajuk robot khusus

    Jika anda telah melakukan pengaturan silahkan klik SIMPAN PERUBAHAN. Sekarang blog anda telah siap buat meningkatkan secara optimal SEO yang optimal.

    Jadi sampai pada sini anda telah belajar bagaimana cara menciptakan blog di blogspot dengan benar sampai blog itu SEO ready. Silahkan melanjutkan menggunakan terus menambahkan konten & backlink menuju website anda. Semakin keras persaingan website anda, maka semakin keras juga kerja yang dituntut dari anda.

    Cara Membuat Blog Di Blogspot Terbaru Reviewed by Andi Leangle on May 29, 2020 Rating: 5

    No comments:

    All Rights Reserved by Info Ngeblog © 2017
    Powered By Blogger, Share by Andi Leangle

    Hubungi Kami

    Name

    Email *

    Message *

    Powered by Blogger.